Jumat, 16 Desember 2011

BAB III MENGUMPULKAN INFORMASI DAN MEMINDAI LINGKUNGAN


BAB III
MENGUMPULKAN INFORMASI DAN MEMINDAI LINGKUNGAN

KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN MODERN
Setiap perusahaan harus mengelola dan mendistribusikan aliran informasi berkelanjutan bagi manajer pemasarannya.sistem informasi pemasaran terdiri dari orang-orang,peralatan,dan prosedur untuk mengumpulkan,memilah,menganalisis,mengevaluasi,dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan,tepat waktu,dan akurat bagi pengambil keputusan pemasaran.
CATATAN INTERNAL & INTELIJEN PEMASARAN
Manajer pemasaran mengandalkan laporan internal pesanan,penjualan,harga,biaya,tingkat persediaan,piutang,utang,dan seterusnya.dengan menganalis informasi ini,mereka dapat menemukan berbagai peluang dan masalah penting.
Siklus pesanan-sampai-pembayaran
Inti sistem pencatatan internal adalah siklus pesanan-sampai-pembayaran.perwakilan penjualan,penyalur,dan pelanggan mengirimkan pesanan ke perusahaan.departemen penjualan menyiapkan tagihan,mengirimkan salinannya ke berbagai departemen,dan memesan ulang barang-barang yang habis.barang-barang yang dikirimkan ini menghasilkan dokumen pengiriman dan penagihan yang dikirimkan ke berbagai departemen.perusahaan masa kini harus melakukan langkah-langkah ini dengan cepat dan akurat,karena pelanggan menyukai perusahaan yang dapat menjanjikan pengiriman tepat waktu.
Sistem infomasi penjualan
Manajer pemasaran memerlukan laporan yang tepat waktu dan akurat tentang penjualan terkini.Wal-mart mengoperasikan gudang data penjualan dan persediaan yang menyimpan data semua barang untuk setiap pelanggan,setiap took,setiap hari,dan walt-mart selalu memperbaharui setiap jam.
Sebagai contoh,staf TI di kantor pusat masuk ke gudang data pada pagi hari setelah thanksgiving dan memperhatikan bahwa penjualan monitor computer khusus hari libur di East Cost jauh dari harapan.staf pemasaran menghubungi toko dan mempelajari bahwa computer dan monitor tidak dipajang bersama,sehingga pembeli potensial tidak dapat melihat apa yang mereka dapatkanuntuk hrga yang dipasang.panggilan telepon pun dilakukan ke seluruh toko walt-mart keseluruh pelosok untuk mengatur kembali tampilan tersebut.
Database,Gudang Data,dan penggalian data.
Saat ini perusahaan mengelola informasi mereka dalam database-database pelanggan-database produk,database wiraniaga-dan kemudian menggabungkan data dari berbagai database.contoh :database pelanggan berisi semua nama pelanggan,alamat,transaksi masa lalu,dan terkadang bahkan data demografis dan psikografis (kegiatan,minat,dan pendapat).alih-alih mengirimkan surat “pengebom”missal yang berisi penawaran baru kepada semua pelanggan dalam databasenya ,perusahaan dapat menentukan peringkat pelanggannya menurut pembelan terakhir,frekuensi,dan nilai moneter (RFM) serta hanya mengirimkan penawaran kepada pelanggan yang memiliki nilai tertinggi.selain menghemat pengeluaran surat,manipulasidata ini sering dapat mencapai respond dua digit.
Perusahaan menyimpan data-data ini (data warehousing) dan membuatnya mudah diakses oleh pengambil keputusan.selanjutnya,dengan memperkejakan analis yang memiliki keahlian dalam metode static yang rumit,perusahaan dapat “menggali” data dan mengumpulkan pengetahuan baru tentang segmen pelanggan yang terabaikan,dan informasi yang berguna lainnya.
Sistem Intelijen Pemasaran
Adalah kumpulan prosedur dan sumber daya yang digunakan manajer untuk mendapatkan informasi harian tentang berbagai perkembangan dalam manajemen pemasaran.manajer pemasaran mengumpulkan intelijenpemasaran dengan membaca buku,surat kabar,dan publikasi dagang,berbicra dengan pelanggan,pemasok ,dan distributor,mengamati “media social”diinternet melalui kelompok diskusi online,daftar e-mail,dan blog,dan melakukan pertemuan dengan manajer perusahaan.
Sebuah perusahaan dapat mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas intelijen pemasarannya.
·         Melatih dan memotivasi tenaga penjualan untuk menemukan dan melaporkan perkembangan baru
Perusahaan harus “menjual”tenaga penjualannnya berdasarkan anti penting mereka sebagai pengumpul intelijen.

·         Memotivasi distributor,pengecer,dan perantara lain untuk menyampaikan intelijen
Banyak perusahaan memperkejakan spesialis untuk mengumpulkan intelijen pemasaran.

·         Membentuk jaringan eksternal
Perusahaan dapat membeli produk pesaing,menghadiri open house dan pameran dagang,membaca laporan terbitan pesaing,menghadiri rapat pemegang saham,berbicara dengan karyawan,penyalur,distributor,pemasok,dan agen pengiriman,mengumpulkan iklan pesaing,dan mencari cerita baru tentang pesaing.
·         Membentuk panel penasihat pelanggan.
Anggota dapat meliputi perwakilan pelanggan terbesar perusahaan atau sebagian besar pelanggan yang jujur . Banyak juga para sekolah bisnis yang mempunyai panel penasehat yang terdiri dari para alumni.
·         Memanfaatkan sumber daya data pemerintah.
Bermitra dengan perusahaan penyedia data yang menyediakan telepon pelanggan dan informasi alamat,Claritas dapat membantu perusahaan memilih dan membeli daftar surat – menyurat kelompok tertentu Contoh sensus AS tahun 2000 memberikan tinjauan mendalam terhadap perpindahan populasi,migrasi rasional .
·         Memberi  informasi dari pemasok luar .
Perusahaan mengumpulkan data panel konsumen dengan biaya yang jauh lebih rendah dibanding  biaya yang harus dikeluarkan perusahaan bila mereka mengolah datanya sendiri.
·         Menggunakan system umpan balik pelanggan online untuk mengumpulkan intelijen kompetitif.
Fungsi  intelijen kompetitif bekerja sama secara erat dengan para pengguna kunci dalam prosese pengambilan keputusan.

MENGANALISIS LINGKUNGAN MAKRO
Kebutuhan dan Tren
            Pengusaha individu dan perusahaan selalu berusaha menciptakan solusi beru terhadap kebutuhan yang belum terpenuhi.FedEX diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman surat satu hari sampai Dockers diciptakan untuk memenuhi kebutuhan baby boomers yang tidak lagi dapat benar – benar di pakai dan menginginkan celana yang nyaman secara fisik maupun fsikologis
Fad sesuatu yang tidak dapat di perkirakan, berumur pendek dan tanpa signifikansi social,ekonomi dan politik . Perusahaan dapat memperoleh uang terhadap fad seperti boneka Beanle Babies, Furbies dan penentu waktu yang baik di banding hal lain.
Tren arah atau urutan kejadian yang mempunyai momentum dan durabilitas.Trend lebih mudah di perkirakan dan lebih berlangsung lama dari pada fad. Contoh persentasi orang yang menghargai kebugaran fisik dan kesehatan dewasa ini semakin meningkat , terutama dalam kelompok usia di bawah 30 tahun, wanita muda , konsumen kaya , dan oranh yang hidup di barat .
Megatren perubahan besar dalam social, ekonomi .politik ,dan teknologi yang lambat terbentuk dan setelah terjadi , perubahan itu mempengaruhi kita untuk sementara waktu antara tujuh dan sepuluh tahun bahkan lebih lama .
Mengidentifikasi kekuatan umum
Perusahaan dan pemasoknya ,perantara pemasaran ,pelanggan pasaing dan public semuanya beroperasi dalam kekuatan dan tren lingkungan makro yang semakin global dan membentuk peluang dan menghadirkan ancaman .
Dalam gambaran global yang berubah dengan cepat ,perusahaan harus mengamati enam kekuatan utama : demografi, ekonomi , social budaya , alam teknologi dan politik hukum sebagai contoh ledakan pertumbuhan populasi (demografi ) menyebabkan pengurangan sumber daya dan polusi ( alam ) yang membuat konsumen membutuhkan lebih banyak undang – undang ( politik hokum ) yang merangsang solusi teknologi baru dan produk ( teknologi ) di mana jika produk itu terjangkau ( ekonomi ) dapat benar – benar dan perilaku ( social – budaya).


Lingkungan Demografis
Pertumbuhan Populasi Dunia
Ledakan populasi menjadi sumber kekhawatiran uatma. Disusul oleh pertumbuhan populasi tertinggi di Negara –negara dank omunitas kurang mampu. Daerah-daerah yang kurang berkembang di dunia kini menduduki sekitar 76% populasi dunia dan tumbuh pada tingkat 2% per tahun, sementara di Negara –negara yang lebih maju tumbuh hanya 0,6% per  tahun. Di Negara berkembang tingkat kematian tuurun akibat pengobatan modern tetapi tingkat kelahiran tetap setabil. Member makan, pakaian, pendidikan kepada anak-anak, meskipun standar hidup juga meningkat, adalah sesuatu yang hampir mustahil di Negara-negara ini.
Bauran Usia Populasi
Pemasar biasanya membagi populasi menjadi enam kelompok usia: anak-anak prasekolah, anak-anak usia sekolah, remaja, pemuda usia 20-40 tahun, dewasa paruh baya usia 40-65 tahun, dan dewasa lanjut usia65 tahun ke atas. Beberapa pemasar ingin memfokuskan diri pada kohort . kohort adalah kelompok individu yang lahir sepanjang periode yang sama dan mejalani hidup pada masa-masa yang sama. “momen-momen penting” yang mereka alami ketika mereka dewasa tetap ada dalam diri mereka seumur hidup dan mempengaruhi nilai, preferensi, dan perilaku pembelian mereka. “gagasan pemasaran: teman seumur hidup” meragkum salah satu pembagian kohprt di pasar AS.
Pasar Etnis dan Pasar Lainnya
Banyak Negara terdiri dari beberapa etnis dan ras. Pada salah satu tingkat ekstrem terdapat Negara Jepang, dimana hampir semua warganya adalah orang Jepang; dipihak lain ada amerika serikat, yang warganya datang dari berbagai Negara.
Sebagai megateren yang sering dikemukakan, penigkatan persentase hispanik dalam total populasi, mempersentasikan perubah besar dalam pusat gravitasi Negara. Hispanik membetuk setengah dari semua pekerja baru dalam decade terakhir dan meningkat 25% pekerja dalam dua generasi. Meskipun penghasilan keluarga melambat tetepi daya beli mereka meningkat.
Beberapa perusahaan makanan,pakaian, dan perabot telah mengarahkan produk dan promosi mereka pada satu atau lebih kelompok etnis. Tetapi pemasar harus berhati-hati untuk tidak melakukan generalisasi secara berlebihan. Dalam setiap kelompok etnis ada pasar asia , “kata Greg Machabenta, yang memiliki agen periklanan etnis yang mengkhususkan dari dalam pasar Filipina. Machabenta menekankan bahwa lima kelompok Asia Amerika memiliki karakteristik pasar spesifik mereka sendiri, berbicara dalam bahasa yang berbeda, mengkonsumsi makanan yang berbeda, memperakitakan agama yang berbeda, dan mempersentasikan budaya nasional yang sangat berbeda.
Kelompok Terdidik
Populasi disemua masyarakat terdiri dari lima kelompok pendidikan: kelompok tidak terdidik, tidak lulus SMU, lulus SMA, lulus perguruan tinggi, dan timgkat professional. Jumlah masyarakat terdidik yang besar di Amerika Serikat menyebabkan tingginya permintaan akan buku berkualitas, majalh bermutu, dan peket perjananan yang bagus, serta pasokan keahlaian yang tinggi.
Pola Rumah Tangga
Rumah tangga tradisional terdiri dari suami, istri, dan anak-anak (dan terkadang kakek nenek). Pemasar harus semakin mempertimbangkan kebutuhan khusus rumah tangga non tradisional, yang sekarang tumbuh semakin cepat dibandingkan rumah tangga tradisional.
Perubahan Geografis Dalam Populasi
Lingkungan Makro Utama Lainnya
Lingkungan Ekonomi
Daya beli yang tersedia dalam ekonomi tergantung pada penghasilan, harga, tabungan, hutang, dan ketersediaan kredit saat ini. Pemasar harus memperhatikan tren yang mempengaruhi daya beli, karena tren tersebut bisa memberikan pengaruh kuat pada bisnis , terutama untuk perusahaan yang produknya ditujukan pada konsumen berpenghasilan tinggi dan sensitive terhadap harga.
DISTRIBUSI PENDAPATAN ada empat jenis struktur Negara industry yaitu:
·         Perekonomian subsistem, yang haya mempunyai sedikit peluan untuk pemasar.
·         Perekonomian pengekspor bahan mentah,memilki pasar yang baik untuk perlengkapan, peralatan, pasokan, dan barang mewah untuk orang kaya.
·         Perekonomian industry baru, dimana kelas kaya dan menengah baru sedang tumbuh dan meminta jenis barang yang baru.
·         Perekonomian industri, merupakan pasar yang kaya untuk semua jenis barang.
Pemasar sering membedakan Negara dengan mengguanakan lima pola distribusi pendapatan yang berbeda:
1.    Pendapatan sangat rendah.
2.    Hampir semuanya berpendapatan redah.
3.    Pendapatan sangat rendah, sangat tinggi.
4.    Pendapatan rendah, menengah, dan tinggi.
5.    Hampir semuanya berpendapatan meneggah.
TABUNGAN, UTANG, DAN KREDIT pengeluaran konsumen dipengaruhi oleh ketersediaan tabungan, utang, dan kredit.
Lingkungan Sosial Budaya
Masyarakat membentuk kepercayaan, nilai, dan norma yang menggambarkan sebagian besar selera dan preferensi konsumen. Masyarakat menyerap, secara hampir tidak sadar, pandangan dunia yang mendefinisikan hubungan mereka bagi diri mereka sendiri, orang lain, organisasi, msyarakat, alam, dan alam semesta.
Pemasar harus memahami pandangan tentang diri mereka sendiri, pandangan tentang orang lain, pandangan tentang organisasi, pandangan tentang msyarakat, pandangan tentang alam, dan pandangan tentang alam semesta.
KETEGUHAN NILAI BUDAYA INTI YANG TINGGI sebagian besar orang di amerika serikat masih menjugjung tinggi pekerjaan, pernikahan, beramal, dan bersikap jujur. Keyakinan dan nilai inti di ajarkan dari oarng tua ke anak-anaknya dan diperkuat oleh institusi social utama yaitu sekolah, gereja, bisnis, dan pemerintah. Keyakinan dan nilai sekunder lebih terbuka terhadap perubahan. Keyakinan pada institusi pernikahan merupakan keyakinan inti; keyakinan bahwa orang harus menikah muda merupakan keyakinan sekunder.
KEBERADAAN SUBBUDAYA setiap masyarakat mengandung subbudaya (subculture), kelompok yang berbagi nilai, kepercayaan, preferensi, dan perilaku yang timbul dari pengalaman atau keadaan khusus dalam hidup mereka. Terkadang perusahaan mendapatkan imbalan takterduga dalam mendidik subbudaya. Pemasar selalu menyukai para remaja karena mereka merupakan penentu tren masyarakat dalam hal mode, music, hiburan, ide, dan sikap.
LINGKUNGAN ALAM
Dilingkungan alam pemasar ahrus menyadari penigkatan kekhawatiran masyarakat tentang kesehatan lingkungan. Kini banyak pemasar yang menerapkan program pemasaran pelestarian dan hijau yang memberikan solusi lingkungan yang lebih baik sebagai hasilnya.                                                   
LINGKUNGAN TEKNOLOGI
Salah satu kekuatan paling dramatis yang membentuk kehidupan manusia adalah teknologi. Dibidang teknologi, pemasar harus memperhitungkan tingkat perubahan teknologi yang semakin pesat, peluang inovasi, anggaran R&D yang beragam dan semakin banyaknya peraturan pemerintah yang dibawa oleh perubahan teknologi.




2 komentar: